manfaat teknologi komputer untuk pendidikan
manfaat
teknologi komputer untuk pendidikan
MANFAAT TEKNOLOGI KOMPUTER UNTUK DUNIA PENDIDIKAN
Teknologi komputer di zaman sekarang ini memang sudah begitu maju. Komputer kerap kali dimanfatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia agar cepat selesai. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa komputer memang sudah menjadi hal yang penting bagi masyarakat di bumi ini. Disini saya akan sedikit membahas tentang peranan teknologi komputer, khusunya dalam bidang pendidikan.
Saya disini akan langsung membahas peranan atau manfaat teknologi komputer di dunia pendidikan yang diantaranya adalah e-learning. Seperti yang kita tahu konsep yang harus diterapkan di masa sekarang ini memang harus dikembangkan agar tidak terjadi kejenuhan dalam proses belajar mengajar. Sekarang ini e-learning adalah solusinya. E-learning adalah suatu system pembelajaran yang menggunakan teknologi komputer dan internet. E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Manfaat e learning antara lain:
1. Lebih mudah mendapatkan materi atau info
Jika kita menggunakan sistem pembelajaran berbasis e-learning, kita akan lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan materi atau info. Tinggal ketik apa yang kita cari, tunggu sebentar, kita langsung dapat materinya.
Teknologi komputer di zaman sekarang ini memang sudah begitu maju. Komputer kerap kali dimanfatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia agar cepat selesai. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa komputer memang sudah menjadi hal yang penting bagi masyarakat di bumi ini. Disini saya akan sedikit membahas tentang peranan teknologi komputer, khusunya dalam bidang pendidikan.
Saya disini akan langsung membahas peranan atau manfaat teknologi komputer di dunia pendidikan yang diantaranya adalah e-learning. Seperti yang kita tahu konsep yang harus diterapkan di masa sekarang ini memang harus dikembangkan agar tidak terjadi kejenuhan dalam proses belajar mengajar. Sekarang ini e-learning adalah solusinya. E-learning adalah suatu system pembelajaran yang menggunakan teknologi komputer dan internet. E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Manfaat e learning antara lain:
1. Lebih mudah mendapatkan materi atau info
Jika kita menggunakan sistem pembelajaran berbasis e-learning, kita akan lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan materi atau info. Tinggal ketik apa yang kita cari, tunggu sebentar, kita langsung dapat materinya.
2. Bisa mendapatkan materi yang lebih banyak
Kita bisa mendapatkan banyak sekali materi, tidak hanya dari dalam negeri, bahkan kita bisa mencari materi yang berasal dari luar negeri yang tentunya akan menambah wawasan bagi kita dan juga bisa untuk meningkatkan hasil belajar kita.
Kita bisa mendapatkan banyak sekali materi, tidak hanya dari dalam negeri, bahkan kita bisa mencari materi yang berasal dari luar negeri yang tentunya akan menambah wawasan bagi kita dan juga bisa untuk meningkatkan hasil belajar kita.
3. Pembelajaran lebih efektif dan efisien waktu dan tenaga
Jika ada tugas, kita bisa mencari bahan yang kita butuhkan dengan cepat. Tidak harus ke sana ke mari untuk mendapatkan bahan yang kita butuhkan. Tinggal duduk di depan komputer atau laptop, lalu cari yang kita butuhkan. Setelah itu, susun tugasnya dan selesai.
Jika ada tugas, kita bisa mencari bahan yang kita butuhkan dengan cepat. Tidak harus ke sana ke mari untuk mendapatkan bahan yang kita butuhkan. Tinggal duduk di depan komputer atau laptop, lalu cari yang kita butuhkan. Setelah itu, susun tugasnya dan selesai.
4. Dapat berinteraksi langsung dengan siapapun
Seorang mahasiswa bisa saja bertanya pada temannya materi apa yang diajarkan hari ini atau tugas apa yang diberikan, jika hari itu dia tidak bisa berangkat karena suatu alasan. Dia juga bisa bertanya langsung pada dosennya apa materi yang diajarkan tadi atau tugas apa yang diberikannya. Dalam berinteraksi, dia bisa menggunakan media tulisan. Dia mengetik apa yang akan dibicarakan atau ditanyakan kemudian dikirim ke alamat yang dituju. Dia juga bisa berinteraksi langsung, bisa bertatap muka dan berbicara langsung dengan orang yang diajak bicara. Karena kemajuan teknologi, sekarang hal itu bisa terjadi dengan alat yang bernama webcam.
Seorang mahasiswa bisa saja bertanya pada temannya materi apa yang diajarkan hari ini atau tugas apa yang diberikan, jika hari itu dia tidak bisa berangkat karena suatu alasan. Dia juga bisa bertanya langsung pada dosennya apa materi yang diajarkan tadi atau tugas apa yang diberikannya. Dalam berinteraksi, dia bisa menggunakan media tulisan. Dia mengetik apa yang akan dibicarakan atau ditanyakan kemudian dikirim ke alamat yang dituju. Dia juga bisa berinteraksi langsung, bisa bertatap muka dan berbicara langsung dengan orang yang diajak bicara. Karena kemajuan teknologi, sekarang hal itu bisa terjadi dengan alat yang bernama webcam.
5. Bisa tahu materi atau tugas lebih awal
Mahasiswa bisa melihat jadwal atau tugas yang diberikan oleh dosennya yang sudah di upload. Jadi, mahasiswa sudah tahu apa yang akan dilakukan hari ini dan dapat mempersiapkannya lebih awal.
Mahasiswa bisa melihat jadwal atau tugas yang diberikan oleh dosennya yang sudah di upload. Jadi, mahasiswa sudah tahu apa yang akan dilakukan hari ini dan dapat mempersiapkannya lebih awal.
Sabtu, 27 Juli 2013
HARDWARE KOMPUTER DAN MANFAATNYA
1. VGA CARD
VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang
berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA
card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA
card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen
motherboard atau disebut juga VGA on board.
Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory dan
kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan
gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak
manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang
panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.
VGA card yang terlihat diatas merupakan VGA tambahan,
bukan on board (tidak menyatu dengan motherboard). Keuntungan VGA card
non on board adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang
baru apabila terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis
komputer kita.
2. Memori atau Ingatan Komputer
Komputer memerlukan ingatan untuk menyimpan data dan
aturcara. Ingatan biasanya dibina dengan menggunakan peranti-peranti
magnet atau litar-litar semikonduktor. Semua bagian ( dalam ingatan
mempunyai alamat bernombor masing-masing sama seperti rumah kediaman dan
kedai ). Setiap bahagian beralamat itu boleh menyimpan satu arahan atau
nombor.
Ingatan komputer sama seperti peti-peti surat. Setiap
peti surat mempunyai nombor tersendiri. Setiap peti mungkin mengandungi
dokumen, surat dan lain-lain. Ingatan komputer juga mempunyai satu
alamat untuk setiap bahagian dalam ingatan dan isinya mungkin satu
arahan atau data. Ingatan komputer dapat menerima maklumat daripada
peranti-peranti input dan memindahkan maklumat kepada peranti-peranti
output.
Komputer memerlukan bahagian ingatan untuk mengingati data dan tugas
yang perlu dibuat. Unit pemproses pusat akan merujuk kepada bahagian
ingatan untuk mendapatkan data serta memastikan semua tugas telah siap.
Jenis-jenis ingatan ialah seperti :
A. Ingatan Capaian Rawak ( Random Access Memory ) RAM
RAM bermaksud ingatan capaian rawak di mana komputer
menyimpan secara sementara arahan dan data yang diberi kepadanya. Jika
arus elektrik terputus, kandungan dalam storan ini akan hilang. Terdapat
dua jenis ingatan dalam komputer iaitu ingatan meruap dan ingatan tidak
meruap. Ingatan meruap juga dikenali sebagai ingatan utama manakala
ingatan tidak meruap dikenali sebagai ingatan sekunder. Perkataan meruap
digunakan kerana ingatan ini tidak kekal pada komputer. Ingatan ini
hanya ada bila komputer di’on’kan saja dan hilang bila komputer
di’off’kan, sebaliknya bagi ingatan sekunder, ianya kekal walaupun
komputer di’off’kan. Komputer sebenarnya memerlukan kedua-dua jenis
ingatan. Ingatan utama diperlukan oleh komputer bagi menyimpanmaklumat
tentang data yang sedang diproses.
Sebagai contoh, jika kita menggunakan Windows 95,
data-data program berkaitan Windows 95 akan diambil daripada ingatan
sekunder ( hard disk ) dan disimpan dalam ingatan utama.
Maklumat-maklumat yang disimpan dalam ingatan utama lebih cepat untuk
dibaca atau disimpan semula berbanding maklumat/data daripada ingatan
sekunder.
Memori RAM terbahagi kepada dua jenis dalaman iaitu SIMM
( Single Inline Memory Module ), DIMM ( Double Inline Memory Module ).
Kedua-dua jenis ini menggunakan antaramuka 72 pin dan 124 pin. SIMM
menawarkan haluan data sebanyak 32 bit manakala DIMM menawarkan laluan
64 bit. Sebenarnya SIMM dan DIMM merujuk kepada modul ( papan litar yang
beserta dengan chip ) di mana RAM digunakan bersama.
Bagian komputer yang melaksanakan fungsi ingatan utama adalah RAM. Terdapat dua jenis RAM yang utama, iaitu :
Static RAM ( SRAM ) dan Dynamic RAM ( DRAM ).
Biasanya bila kita menyebut RAM, kita merujuk kepada DRAM. Perkataan
dynamic pada DRAM digunakan kerana ingatan pada DRAM perlu sentiasa
dikemaskinikan sepanjang masa. SRAM
sebagai perbandingan, tidak perlu dikemaskini selalu di
mana segala maklumat yang disimpannya akan kekal sehinggalah komputer
ditutup.
Terdapat berbagai variasi DRAM, setiap satu dengan
kelebihannya yang tersendiri. EDO RAM ( Extended Data Out RAM ) adalah
varisi baru bagi DRAM . lannya lebih laju sedikit berbandingan DRAM yang
biasa. BEDO RAM ( Burst EDO RAM adalah lanjutan daripada EDO RAM tetapi
dengan sedikit penambahan ). Mengikut spesifikasi yang dikeluarkan,
kelajuannya adalah sehingga 33% lebih berbandingan EDO RAM.
Perkembangan terkini dari segi perkakasan dan perisian
menyaksikan saiz RAM yang besar diperlukan oleh PC. Windows 95 sebagai
contoh, untuk beroperasi ia memerlukan sekurang-kurangnya 4MB RAM tetapi
pihak Microsoft mengesyorkan sekurang-kurangnya 8 MB RAM. Keperluan
untuk saiz memori yang lebih besar bertambah jika kita
menggunakan perisian yang lebih besar, terutama yang melibatkan aplikasi grafik dan multimedia.
Cache
Memori untuk cache adalah dari jenis SRAM. Memori jenis
ini lebih laju daripada DRAM tetapi ia menghadapi satu masalah iaitu
kosnya yang telalu mahal. SRAM mampu membekalkan data kepada CPU
sepantas keupayaan CPU memproses data. Disebabkan kosnya yang mahal,
sesebuah PC biasanya mempunyai saiz cache yang kecil sahaja yang hanya
mengendalikan data-data tertentu sahaja yang selalu digunakan oleh CPU.
B. Ingatan Baca Sahaja ( Read Only Memory – ROM )
Memori pada ROM berbeda dengan RAM kerana ia mampu mengekalkan segala
data yang disimpannya walaupun tidak ada tenaga elektrik. Selain itu
segala data yang disimpan tidak boleh diubah, hanya boleh dibaca saja
oleh komputer. Biasanya data-data yang ada pada ROM
diatur oleh pengeluar ROM berkenan. Terdapat beberapa jenis ROM,
antaranya PROM, EPROM, EEPROM dan Flash EEPROM. Setiap satu ROM-ROM ini
berbeda dari segi bagaimana data tersebut boleh dihapus dan ditulis
semula. PROM adalah singkatan dari "Programmable ROM", menggunakan
pembakar PROM ( PROM Burner ) yaitu untuk melakukan litar cip ROM bagi
menghasilkan data-data yang kekal. Proses ini dikenali sebagai
pembakaran PROM. EPROM adalah singkatan daripada "Erasable Programmable ROM".
Ianya agak berbeda berbanding PROM kerana data-data yang terdapat dalam
EPROM ini boleh dipadamkan menggunakan sinar ultra ungu yang
berkeamatan tinggi. Kelebihannya adalah segala jenis data yang terdapat
didalamnya boleh diprogramkan semula. EEPROM
( Electrical Erasable ROM ) adalah
hampir sama dengan EPROM Cuma ianya hanya memerlukan arus elektrik yang
agak kuat untuk memadamkan kandungan ROM. Kelebihannya EEPROM adalah
ianya tidak perlu dikeluarkan daripada komputer untuk diprogramkan
semula, manakala kekurangannya ialah data akan semakin hilang dan perlu
diganti semula. Flash EEPROM adalah teknologi ROM yang terkini dimana
ianya hanya memerlukan voltan biasa untuk memadamkan kandungannya.
C. DIMM ( Dual In-Line Mmory Module )
Mempunyai 168 pin, 64 bit/80 bit. Oleh itu papan induk boleh menggunakan "Single Module". Ia
digunakan pada papan induk yang menggunakan socket 7 dan slot 1. Ia
mempunyai laluan "path" yang lebar ( 133.3 mm ) untuk tulis dan baca
data. Mempunyai 2/4 "host clock". Ia menerima EDO, FPM dan Modul SDRAM
DIMM. Ia merupakan peranti 3.3 V dipasangkan pada DIMM Socket. Socket
DIMM direka agar modul
dimuatkan pada satu arah. Modul juga di "keyed" dengan tanda ( notch ) untuk megelakkan kesilapan pemasangan ke socket.
Jenis-jenis DIMM :
² 3.3 V Unbuffered DIMM
² 3.3 V buffered DIMM
² 5 V Unbuffered DIMM
² 5 V buffered DIMM
D. SIMM ( Single In-Line Memory Module )
Merupakan papan litar kecil yang boleh menampung sekumpulan "memory
chipsets". Pada kebiasaannya ia boleh menampung sehingga 8/9 cip – cip
RAM ( pada PC ). Pada PC, cip yang kesembilan digunakan untuk memeriksa
kesislapan-kesilapan kecil. SIMM diukur di dalam "bytes". Bus dari SIMM
ke chip memory adalah seluas 32 bit. Bagi Pentium
Mikropemprossesor moden yang mempunyai 64 bit bus, sepasang SIMM hendaklah digunakan.
3. HARDDISK
Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah
computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor
dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam
ruangruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang
masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di
situlah data-data diletakkan.
Ruang kecil dalam harddisk bekerja dalam logika saling
tergantung (interdependent). Data/informasi dalam satu ruang kadangkala
diperlukan untuk menggerakkan data/ informasi yang berada di ruang lain.
Ada ruang di mana data di dalamnya tidak boleh diutak-atik atau
dipindahkan ke tempat lain, ada ruang di mana kita bisa membuang dan
menaruh data secara bergantian sesuai kebutuhan.
Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting.
Komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai
penyimpan data. Pelat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat
datar, kedua sisi permukaannya dilapisi dengan material khusus sehingga
memiliki pola-pola magnetis. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros
yang disebut spindle.
4. PROCESSOR (CPU)
Fungsi utama CPU adalah menjalankan program-program yang
disimpan di memori utama. Hal ini dilakukan dengan cara mengambil
instruksi-instruksi dari memori utama dan mengeksekusinya satu persatu
sesuai dengan alur perintah. Pekerjaan ini dilakukan dalam dua tahapan
yaitu membaca instruksi (fetch) dan melaksanakan instruksi tersebut
(execute). Proses membaca dan melaksankan ini dilakukan berulang-ulang
sampai semua instruksi yang terdapat di memori utama dijalankan atau
komputer dimatikan. Proses ini dikenal juga sebagai siklus
fetch-eksekusi.
Siklus fetch-eksekusi bisa dijelaskan sebagai berikut:
1. di awal setiap siklus, CPU akan membaca dari memori utama,
2. sebuah register, yang disebut Program Counter (PC), akan mengawasi dan menghitung instruksi selanjutnya,
3. ketika CPU membaca sebuah instruksi, Program Counter akan menambah satu hitungannya,
4. lalu instruksi-instruksi yang dibaca tersebut akan
dimuat dalam suatu register yang disebut register instruksi (IR), dan
akhirnya
5. CPU akan melakukan interpretasi terhadap instruksi
yang disimpan dalam bentuk kode binari, dan melakukan aksi yang sesuai
dengan instruksi tersebut.
5. CD ROOM
CD-ROM kepanjangan dari compact disk read only memori
yang artinya bahhwa CD-ROM drive hanya bisa digunakan untuk membaca
sebuah CD saja. Secara gari besar CD-ROM
dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang
paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA
memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan
kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive.
Pada CD ROM terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan
transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD RW juga biasanya dibedakan
berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD RW tipe 12x8x32 artinya
memiliki kemampuan membakar pada CD R seccepat 12x, membakar pada CD RW
secepat 8x, dan membaca CD R/CD RW/dengan kecepatan maksimal 32x.
Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan
untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, atau
Software-software lainnya. Atau melakukan booting pada saat masuk ke OS
bila sebuah System tidak mau berjalan.
6. MOTHERBOARD
Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen
yang terpasang padanya.Mengatur pemberian daya listrik pada setiap
komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai
dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data
(keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.
Istilah pada motherboard antara lain:
1. BIOS
Singkatan dari Basic Input/Output System.
Merupakan kumpulan informasi motherboard dan juga merupakan software
berisi perintah-perintah dasar. Fungsi utamanya adalah sebagai sarana
komunikasi antara sistem operasi dengan hardware yang terpasang pada
motherboard.
2. Bus
Istilah yang menyatakan sistem aliran data yang
digunakan hardware yang terpasang pada motherboard untuk berkomunikasi
dengan prosesor. Satuan yang digunakan biasanya adalah frekuensi (Hertz)
atau lebar bit data.
3. Clock Speed
Istilah ini digunakan untuk menyatakan kecepatan dari
sebuah prosesor atau komponen lainnya. Angka clock speed didapat dari
perkalian multiplier terhadap FSB. Semakin tinggi clock speed, maka
semakin tinggi kinerja yang dihasilkan oleh prosesor atau komponen
hardware tersebut. Satuan yang digunakan biasanya adalah megahertz (MHz)
atau gigahertz (GHz). Biasanya disebut juga sebagai kecepatan eksternal
dari sebuah prosesor.
4. FSB
Singkatan dari Front Side Bus, yaitu bus utama yang menghubungkan antara prosesor dengan chipset motherboard. Satuan yang digunakan adalah megahertz (MHz).
5. Heatsink
Komponen yang diletakkan di atas prosesor. Fungsinya
adalah menyerap panas yang dihasilkan saat prosesor bekerja. Biasanya
sebuah heatsink dilengkapi sebuah kipas untuk menjaga agar suhu prosesor
tetap stabil.
6. Overclocking
Suatu teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja
prosesor, memori, atau kartu grafis, dengan cara meningkatkan FSB atau
clock speed komponen tersebut. Teknik ini memerlukan sebuah system
pendingin khusus pada komponen, karena menghasilkan panas berlebih, di
mana panas berlebih ini dapat merusak sistem. PC.
0 komentar:
Posting Komentar