Blogger templates

Selasa, 08 April 2014

Cara mudah belajar database dan Manfaat nya

CARA MUDAH BELAJAR DATABASE


Menampilkan Selisih antara Dua Tanggal pada SQL Server

SQL Server menyediakan fungsi - fungsi untuk melakukan manipulasi data, salah satu nya ialah fungsi untuk mencari dan menampilkan selisih antara 2 tanggal. Tentu nya dalam melakukan fungsi ini field pada table tersebut harus bertipe 'datetime'. Fungsi tersebut diberi nama DATEDIFF. DATEDIFF dapat mencari selisih hari, bulan, maupun tahun pada tanggal. Berikut Contoh nya:






















Dari Contoh diatas ialah tampilan dari Selisih atau Total antara TGL dan TGL_KIRIM. Misalnya : Record pada nomor 1 TGL (2012-11-01) dan TGL_KIRIM (2012-11-20) memiliki selisih tanggal yaitu 19.

Tuesday, January 8, 2013


Menggunakan Fungsi BETWEEN pada SQL Server

Fungsi BETWEEN dalam SQL Server merupakan pernyataan kejadian diantara dua kriteria. Fungsi tersebut bisa digunakan untuk field yang bertipe number, Contoh :


















Data diatas menampilkan semua data pada master barang dimana HBELI antara 10000 sampai 20000. Fungsi BETWEEN juga dapat berlaku pada field yang bertipe datetime, Contoh :









Pada data diatas ditampilkan semua data dimana TGL antara 19-Nov-2012 sampai 20-Nov-2012.

Tuesday, December 25, 2012


Fungsi USE pada SQL Server

Biasanya kita mengetahui fungsi USE pada SQL Server ialah sebagai perintah untuk menentukan table dari database yang ditampilkan data nya. Contoh sebagai berikut :

















Namun sebenarnya ada beberapa cara untuk menentukan penembakan database selain menggunakan query USE diatas. Salah satu nya bisa kita gunakan :
Cara diatas merupakan cara langsung penembakan pada database dalam perintah SELECT. Keunggulan dari perintah ini ialah bisa melakukan perintah lebih dari satu kali terhadap database berbeda dalam sekali eksekusi, lalu dapat terlihat lebih rapih dan mudah dipahami karena dalam sekali perintah kita dapat mengetahui dari mana sumber / database dari table tersebut. Cara ketiga kita bisa menggunakan :
Cara ini sebenarnya sangat mudah digunakan karena pengguna tida perlu mengetik suatu query, hanya tinggal memilih saja pada combo box yang sudah tersedia diatas. Demikian merupakan beberapa pilihan dalam melakukan penembakan pada database.

0 komentar:

Posting Komentar